Metode dan Corak Kitab Tafsir An-Nur; Karya T. M. Hasbi Ash-Shiddieqy

Bahtiar Sagaf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan corak kitab Tafsir An- Nur karya T. M. Hasbi Ash-Shiddieqy.  Tafsir ini mempunyai keunikan tersendiri. Salah satunya adalah dari segi penyajiannya satu jilid berisi satu sampai tiga juz, dimulai dengan menulis ayat-ayat al-Qur’an, dan terjemahannya, kemudian tafsirnya, lalu diakhiri dengan kesimpulan dan ditulis dengan bahasa yang sederhana, sehingga kita bisa memahaminya dengan mudah. Hasil dari penelitian ini yakni,  penulis mendapatkan tentang metode dan corak penafsiran yang dipakai dalam kitab tafsir an-Nur. Metdode yang dipakai Hasbi Ash-Shiddieqy adalah metode ijmali dan bercorak fikih. Ada pun sistematikanya adalah sebagai berikut; Menyebut satu dua ayat atau tiga ayat yang difirmankan oleh Allah untuk membawa suatu maksud, berdasarkan tertib mushaf, menerjemahkan makna ayat ke dalam bahasa Indonesia dengan cara yang mudah dipahami dengan memperhatikan makna-makna yang dikehendaki masing-masing lafaz, menafsirkan ayat-ayat dengan merujuk kepada sari patinnya, dan diakhiri dengan kesimpulan.


Keywords


Tafsir , Hasbi Ash-Shiddieqy, Surat an-Nur.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Anwar, M. K. (2021). Makna Ghuluw Dalam Perspektif Hasbi As-Shiddieqy, Hamka, dan M. Quraish Shihab. Sophist: Jurnal Sosial Politik Kajian Islam dan Tafsir, 3(2), 19-40.

Ash-Shiddieqy, K. T. H. (2015). TAFSIR AL-QUR’AN AL-MAJID “AL-NUR”. Jurnal Adabiyah Vol.

XV Nomor, 83.

Batubara, C. (2018). dkk, Handbook Metodologi Studi Islam.

Departemen Agama, R. I. (2009). Syamil Al-Qur’an (Al-Qur’an Terjemahan Perkata). Bandung: CV Haikal Centre.

Fauzan, A., Ramadhan, D., & Habibi, M. D. (2022). Moderate Attitude in Conflict Resolution Between Religions (Study of Tafsir Al-Azhar, An-Nur, and Al-Mishbah). JAWI, 5(1), 89-100.

Igisani, R. (2018). Kajian Tafsir Mufassir di Indonesia. Potret Pemikiran, 22(1).

Innayati, N., & Rohmah, M. (2023, April). Fashion Ideal of Contemporary Muslim Perspective TM Hasbi Ash Shiddieqy (Analysis of Tafsir Al-Qur'anul Majied Surah An Nur [24]: 30-31). In Proceeding International Conference on Quranic Studies (Vol. 1, No. 1).

M Abdurrahman Wahid, Corak dan Metodologi Tafsir Al-Qur’an Al-Majid An-Nur Karya Hasbi Ash-Shiddieqy, (Jurnal Rausyan Fikr, Vol 14, No 2, 2018), h, 404.

Rahtikawati, Y., Rusmana, D., & Saebani, B. A. (2013). Metodologi tafsir Al-Qur'an: sStrukturalisme, semantik, semiotik, & Hermeneutik.

Adawiyah, R., & Manda, D. (2021). Praktik Pelaksanaan Dakwah Islam Di Komunitas Hijrah Yuk Ngaji Makassar. Alliri: Journal of Anthtropology, 3(2), 1-10.

Rahman, B. A. (2015). al-amru bi al-ma’rūf wa alnahyu ‘an al-munkar according to Muhammad Hasbi Ash Shiddieqy in Tafsīr al-nūr. Submitted to the Faculty of Ushuluddin As One of the Requirements Of Gaining Undergraduate Degree of Islamic Theology, State Islamic University (UIN) Walisongo Semarang.

Rahtikawati, Y., Rusmana, D., & Saebani, B. A. (2013). Metodologi tafsir Al-Qur'an: sStrukturalisme, semantik, semiotik, & Hermeneutik.

Rouf, A. (2020). Mozaik tafsir Indonesia: kajian ensiklopedis karya tafsir ulama Nusantara dari Abdur Rauf As-Singkili hingga Muhammad Quraish Shihab. Sahifa.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v9i1.1125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bahtiar Sagaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.