Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA pada Materi Siklus Hidup Hewan Menggunakan Game Edukasi Media Puzzle

Nurasia Nurasia, Opik Dwi Indah, Ismayanti Ismayanti, A.M. Nur Musaysar Misbah

Abstract

The aim of this research is to improve the learning outcomes of fourth grade students through educational games with puzzle media in science subjects at SDN 2 Pinceppute. The type of research used is Classroom Action Research (PTK) which was carried out for 2 cycles. The subjects studied were 16 grade IV students at SDN 2 Pinceppute, consisting of 9 male students and 7 female students. Data collection was carried out using a student learning achievement test instrument. Data analysis used is descriptive data analysis. The results of the study show that educational games through puzzle media can improve the learning outcomes of fourth grade students at SDN 2 Pinceppute, Palopo City. This can be seen from the indicators of research success, where ≥ 75% of students have achieved the KKM score (70). In cycle I, the number of students who had completed were 8 students (50%) and those who had not completed were 8 students (50%). Cycle II increased to 13 students (81.25%) and 3 students (18.75%) did not complete. It can be concluded that student learning outcomes have increased by 31.25%.


Keywords: student learning outcomes, educational games, media puzzle,               science learning .

 

Full Text:

PDF

References

Alawiyah W. Dkk. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(1), 118-129.

An, Ahmad Arifuddin Dkk. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle Dengan Menggunakan Metode Demostrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10-17.

Arikunto, S. Dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dakhi S.A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 2614-6061.

Darmawan Andi L. Dkk. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 3(1), 14-17.

Elan Dkk. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 66-75.

Evendi T.M. Dkk. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Pembelajaran Tandur berbantuan Media Puzzle. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 14-25.

Husna Nurul Dkk. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 66-71.

Jubaedah, Edah. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Crossword Puzzle di KelaS V SDN Tugu 2 Depok. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Khomsoh R. (2014). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2), 1-11.

Khomsoh, Rostiana and Jandur Gregarius. “ Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya.

Londa H.A. Dkk. (2018). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2), 1-20

Maulidah N.A. (2021). Penggunaan Media Puzzle Secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu. 26(2), 281-286.

Mulyani, Eva Niko A. (2017). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Tema Keluarga Pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 0-216.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan SIswa Dalam Pembelajran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145-150.

Nurhayati, S. Dkk. (2023). Penggunaan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi. 6(2)

Nurrita T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Haidst, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Nurrohmah P.W.R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Tema 6 Subtema 2 Materi Daur Hidup Hewan melalui Strategi Card Sortpada Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunansidoarjo. Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Reni Widyastuti, Listia Sari P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 2579-3500.

Rianda, Robi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Media Puzzle di Kelas V Min 2 Kota Banda Aceh. Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ae-Raniry Darussalam.

Ritona, Dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air dengan menggunakan Media Puzzle di Kelas V SD Swasta Waladun Shalih Medan. Medan. UIN Sumatera Utara

Sirait N.F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Pematang. 8(2)

Utami Setyo Y. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 104-109.

Vitianingsih V.A. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM, 1(1), 2502-3470.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.