PERILAKU KONSUMEN BANK SYARI’AH DI TERNATE DALAM PENDEKATAN INTERDISIPLINER

SYAEFUDDIN SYAEFUDDIN

Abstract


Interdisipliner merupakan kerjasama antara bebarapa disiplin ilmu pengetahuan untuk merespon perkembangan dan problema peradaban manusia. Ilmu mu’amalah,  ekonomi, sosiologi, dan psikologi saling bekerjasama untuk mengkaji perilaku konsumen muslim.

Perilaku konsumen adalah studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka. Studi perilaku konsumen terpusat pada cara individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumberdaya yang mereka miliki (waktu, uang dan usaha) guna membeli barang dan jasa yang dikonsumsi.

Pendekatan interdisipliner terhadap perilaku konsumen bank syari’ah diperlukan, karena pada dasarnya ekonomi Islam sebagai subjek kajian merupakan sumbangan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

Dalam kajian perilaku konsumen bank syari’ah menghasilkan dua kesimpulan. Religiusitas mempengaruhi perilaku nasabah bank syari’ah, dan kesimpulan lainnya menyatakan bahwa dalam level tertentu religiusitas  tidak mempengaruhi perilaku nasabah bank syari’ah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Amin. Dinamika Islam Kultural. Bandung : Mizan, 2000.

Abidin , Zainal. “Kyai dan Bisnis di Pamekasan Madura Studi Tentang Dinamika, Strategi dan Nilai Spiritualitas Bisnis”.Desertasi-- UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2014.

Ahmad, N. and S. Haron , “Perceptions of Malaysian Corporate Customers Towards Islamic Banking Products and Services.”International Journal of Islamic Financial Services 2002.

Ancok, Jamaluddin dan F. Nashori. Psikologi Islami, Solusi atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2002.

Assael H. Consumer Behavior and marketing Action. Boston: Wadsworth ,1992.

Chapra, M. Umer. Islam and the Economics Challenge. Leicester , UK : The Islamic Foundation, 1992.

Chotimah, Chusnul. “Strategi Public Relations Pesantren Sidogiri dalam membangun citra Lembaga Pendidikan Islam” , Islamica, Vol VII, No. 1 . September 2012.

Damsar dan Indrayani. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana, 2013.

Dilthey, Wilhelm. Pattern and Meaning in History. Newyork: Harper & Row, 1962.

Erol , C. and R. El-Bdour . “Attitudes, Behaviour and Patronage Factors of Bank Customers Towards” International Journal of Bank Marketing 15, 1989.

Fatmah. “Pengaruh Persepsi Religiusitas, Kualitas Layanan, dan Inovasi Produk terhadap Kepercayaan dan Komitmen serta Loyalitas Nasabah Bank Umum Syariah di Jawa Timur”. Desertasi-- Unair Surabaya Surabaya, 2005.

Gerrard P. and J. Cunningham, “Islamic Banking: A Study in Singapore.” International Journal of Bank Marketing 1997.

Glock, C.Y. and R. Stark. American Piety : The Nature of Religious Commitment. USA: University of Chicago Press, 1968.

Granovetter, M. “Problem of Explanation in Economic Sociology”, dalam Network and organizations: Structure from and Action, ed. N. Nohria et al. Boston: Harvard Businnes School Press, 1992.

Hamidi, Jazim. “Persepsi dan Sikap Masyarakat Santri Jawa Timur terhadap Bank Syariah”. Malang: BI dan Universitas Brawijaya Malang, 2000.

Hassan, Mehboob ul, “People’s Perceptions towards the Islamic Banking: A Fieldwork Study on Bank Account Holders’ Behaviour in Pakistan”, School of Economics. Japan : Nagoya City University, 2007.

Hegazy, I. “An Empirical Comparative Study between Islamic and Commercial Banks’ Selection Criteria in Egypt.” International Journal of Commerce and Management 1995.

Johnson, P.J. Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid 1. Jakarta: Gramedia, 1981.

Kaelan. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Kane, Eileen. Dosin Your Own Research. London: Marion Boyars, 1985.

Kirk, Jerome & Mare L. Miller. Releability and Validity in Quality Research, Vol I. Beverly Hills: Sage Publication, 1986.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. Manajemen pemasaran Edisi 12 jilid 2. Ter. Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks, 2007.

Metawa, S. and M. Almossawi, “Banking Behaviour of Islamic Bank Customers: Perspectives and Implications.” International Journal of Bank Marketing 1998.

Metwally, M. “The Impact of Demographic Factors on Consumers’ Selection of a Particular Bank within a Dual Banking System: A Case Study.” Journal of International Marketing and Marketing Research 2002.

Muhlis. “Perilaku Menabung di Perbankan Syari’ah Jawa Tengah” (Desertasi—Universitas Diponegoro, Semarang, 2011.

Okumus, H. . “Interest-Free Banking in Turkey: A Study of Customer Satisfactin and Bank Selection Criteria.” Journal of Economic Cooperation .2005.

Omer, H.S.H. “The implications of Islamic beliefs and practice on the Islamic financial institutions in the UK: case study of Albaraka International Bank UK”. Desertasi --Loughborough University, Loughborough ,1992.

Patton, Michael Quinn. Qualitative Evaluation Methodes. Beverly Hills: Sage Publication, 1980.

Poloma , M. M & B. F Pendleton. Religious domains and general well-being. Social Indicators Research, 1990.

Rahmat, Jalaludin. Islam Aletrnatif. Bandung, Mizan, 1986.

Ratnawati, Anny. “Potensi Preferensi & Perilaku Masyarakat di Wilayah Jawa Barat” . Bogor: IPB dan BI, 2002.

Ritzer , George & Douglas J. Goodman. Teori Sosiologi Modern, ter. Imam Muttaqien. Jakarta: Pranada Media, 2005.

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen ter. Zoelkifli Kasip. Jakarta:Indeks, 2008.

Shalin, Dmitri. “Pragmatism and social Interactionisme”, dalam American Sociologist Review 1986.

Skousen, Mark. Sang Maestro ”Teori-Teori Ekonomi Modern”: Sejarah Pemikiran Ekonomi. Edisi Pertama, ter. Tri Wibowo Budi Santoso. Jakarta: Prenada, 2012.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif .Bandung: Alfabeta, 2008.

Sultan (al) ,W. “Financial Characteristics of Interest-Free Banks and Conventional Bank Accounting and finance”. Desertasi-- The University of Wollongong, Wollongong, 1999.

Thayer , H.S. Meaning and Action. Cambridge: Hackett Publishing Company, 1981.

Uha, Ismail Nawawi. Isu-Isu Ekonomi Islam : Kompilasi Pemikiran dan Teori Menuju Praktik di Tengah Arus Ekonomi Global. Buku 1 Nalar Filsafat . Jakarta : Viv Press, 2013.

------------Ekonomi Manajerial: teori dan Aplikasi Dalam Bisnis. Sidoarjo, Dwiputra Pustaka Jaya, 2014.

Vredenbregt, J. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1981.

Weber, Max. The Protestant Ethics and The Spirit of Capitalism. New York: HarperCollins, 1958.

------------General Economic History ter. H.H Gerth. New York: Free Press, 1961.

Widiastuti, Nur. “Pengaruh Relijiusitas, Pendapatan, dan Tanggungan Keluarga terhadap Jumlah Tabungan”, Jurnal Telaah Bisnis, Vol.4, Nomor 2. Desember 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 STADIUM