Pemikiran Politik Abd Rahman al-Dakhil

MUHDI AL HADAR

Abstract


Setelah berakhir periode klasik Islam dan saat  Islam memasuki masa kemunduran, Eropa mulai bangkit dari keterbelakangannya. Kebangkitan itu bukan saja terlihat dalam bidang politik yang ditandai dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya,namun keberhasilannya terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung keberhasilan politiknya. Keberhasilan-keberhasilan dan kemajuan Eropa ini tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan Islam di Spanyol, terutama di masa pemerintahan Abd Rahman al-Dakhil. Dan Al-Dakhil merupakan salah satu dari keturunan bani Umayyah yang berhasil mengembalikan kejayaan dinasti ini.


References


Daftar Pustakaa

Abd Chair, “Perluasan Wilayah Bani Umayyah”, dalam Ensiklopedi Dunia Islam Tematis. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hauve, 2002.

Brocelmann, Carl. History of the Islamic Peoples. London: routledge & Kegam Paul, 1980.

Hasan, Ibrahim Hasan. Sejarah dan Kebudayaan Islam. Yokyakarta: Kota Kembang, 1989.

Hitti, Philip K. History of The Arab from the Earliets Times to the Present, terj. Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, History of Arab. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2010.

Nasution, Harun. Islam ditinjau dari berbagai aspeknya. Jakarta: UI Perss, 1985.

Putuhena, M. Shaleh A.Islam di Spanyol, Seri Sejarah dan Kebudayaan Islam. Ujung Pandang: IAIN Alauddin, 1979.

Ridwan,Kafrawi,ed., Ensiklopedi Islam., jld I. Jakarta: Ikhtiar Baru van Hauve, 1994.

S. Ahmed, Akbar. From Samarkand to Stornoway; Living Islam, terj. Pangestuningsih, Living Islam. Bandung : Mizan, 1997.

Syalabi, Ahmad. Mausu’ah al-Tarikh al-Islami wa al-Hadharah, terj. Muhtar Yahya dan Sanusi Latif, Sejarah dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Alhusna, 1992.

Syed Mahmudunasir, Islam: Its Concepts & History, terj. Adang Affandi, Islam: Konsepsi dan Sejarahnya. Bandung: Rosda, 1988.

Watt, W. Montgomery, The Influence of Islam on Medieval Europe, terj. Hendro Prasetyo, Islam dan Peradaban Dunia: Pengaruh Islam atas Eropa abad Pertengahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1995.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Rajawali Pres, 1994.

Pemikiran Politik Abd Rahman al-Dakhil


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 STADIUM