Pemikiran Pendidikan Politik H.O.S Tjokroaminoto

Ahdar Ahdar, Musyarif Musyarif, Abd.Rahman Abd.Rahman

Abstract


Tulisan ini bertujuan menjabarkan pengaruh pemikiran H.O.S Tjokroaminoto yang berkaitan peran dan kontribusi sosialnya secara empiris terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Hal-hal yang berkaitan dengan sejarah dan kehidupan sosial kemasyarakatan umumnya dipengaruhi oleh seseorang atau sekelompok orang yang memiliki peran signifikan dan memiliki pengaruh yang besar, salah satunya adalah Pengaruh H.O.S. Tjokroaminoto dalam isu-isu islam dan sosialisme serta mendorong semangat nasionalisme bangsa indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Selain itu, H.O.S. Tjokroaminoto juga memiliki pemikiran yang visioner tentang pendidikan politik di Indonesia yang belum secara mendalam dilakukan kajian sebagai upaya untuk memberikan penguatan terhadap sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini. Metode kajian yang digunakan adalah menggunakan konsep dasar studi tokoh yang meliputi pemikiran, peran, dan kontribusi sosial secara empiris dari H.O.S Tjokroaminoto terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Metode rekontruksi biografis. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa pemikiran HOS Tjokroaminoto mengandung nilai-nilai politik dan patriotisme untuk melawan penindasan kolonial Belanda bersama para tokoh perjuangan yang lain. Nilai-nilai tersebut dialirkan melalui jalur pendidikan.                


Keywords


pemikiran, pendidikan politik, H.O.S Tjokrominoto

Full Text:

PDF

References


-Attas. (1985).Islam, Secularism and the Philosophy of The Future. London: Mansell.

Amelz, (1952) H.O.S Tjokroaminoto Hidup dan Perjuangannya, Jakarta: Bulan Bintang.

Amin, M. Mansyhur, (1995) HOS. Tjokroaminoto Rekonstruksi Pemikiran dan Perjuangannya, Jakarta: Cokroaminoto University Press.

Daras, R., (2011). Bung Karno Vs Kartosuwiryo: Membongkar Sumber Dana DI/TII, Depok: Imania.

Deliar Noer, D., (1996). Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES.

Gonggong, Anhar., (1985). H.O.S Tjokroaminoto ; Jakarta: Depdikbud.

Poeze, HA., (2011). Madiun 1948: PKI Bergerak, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Prasetyo, E., (2008) Minggir! Waktunya Gerakan Muda Memimpin!: Soekarno, Semaoen, & Moh. Natsir, Yogyakarta: Resist Book.

Rambe, S., (2008). Sarekat Islam: Pelopor Bangkitnya Nasionalisme Indonesia 1905-1942 Jakarta: Yayasan Kebangkitan Insan Cendekia.

Saefullah & Yahya. (2005). Satu Abad Dinamika Perjuangan Syarikat Islam; Jawa Barat: Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Jawa Barat.

Soebagijo. (1985) Harsono Tjokroaminoto: Mengikuti Jejak Perjuangan Sang Ayah, Jakarta: Gunung Agung.

Suradi. (2014) Grand Old Man Of The Republic Haji Agus Salim dan Konflik Politik Sarekat Islam : Yogyakarta; Mata Padi Presindo.

Tempo. (2011) Tjokroaminoto: Guru Para Pendiri Bangsa, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Foramadiahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.