MEMBANGUN PARADIGMA PERADABAN BANGSA MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN

Amran Eku, ANDI MOH.ARIFIN MASUKU

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawaperubahan di dalam semua segi kehidupan manusia dewasa ini. Terjadinya perubahan besar tersebut oleh karena sumberkekuatan dan kemakmuran suatu masyarakat atau negara bukan lagi ditentukan luas wilayahnya  atau kekayaan sumber daya alamnya. Akan tetapi telah berpindah kepada penguasnan dan pemanfaatan-pimanfaatan ilmu pengetahuan danteknologi.Sekolah yang ideal adalahsekolah yang memiliki fasilitas yang  memadai, guru profesional, gedung permanen dengan halaman dan lapangan olah raga, perlengkapan belajar termasuk perpustakaan dan laboratorium,metode pembelajaran, perangkat kurikulum  dan tujuan-tujuan p-endidikan. Dengan kondisi demiakian bisa  diharapkan sebuah lembaga pendidikan yang mampu menumbuhkan, mengembangkan dan menjaga kelangsungan kehidupan social masyarakat yang akhirnya mampu membangun peradaban bangsa dan Negara. Peradaban dibentuk bukanlah sesuatu yang mudah dan sebntar untuk dibentuk. Peradaban butuh tanaga, kemauan dan waktu untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, pemerintah dan semua elemen masyarakat termasuk kalangan pendidikan harus memiliki kemauan dan kerja keras yang memadai. Peradaban bangsa Indonesia akan terwujud sesuai dengan karakter dan jatidiri bangsa Indonesia.


Keywords


Pengetahuan, Pendidikan, Peradaban

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu &Uhbiyati Nur, 2002, llmu pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.

Arif in, Anwar, http / / www.lfip.org english/ pdf/ bali-seminar/ Sisdiknas

Bruner, Jerome 5., "1973, Tlrc Releaance of ELlucahot, Toronto, Canada.

Delors, Jacques et.al, 1996, kaming: Tfu Treosure Witltin, The Report to LINE :CO o/Interfiational Corrunission for Tlte Tutenty-First Century, Paris: UNESCO.

Dewey, Jo}n,1,964, Democracy and Educotion,New York: The Macmillan Company

Power, Colin, 2006 Towards a Global ComrnuniQ: E,;lucating for Tonrorrmo's ltorld; ClobnlStrategic Directions for Tlrc Asia-Pasific Reg/on, Netherlands: Springer.

Pravitno, lrw an, http : / / armanbelajar.multiply.com/ journal / item/ 182

Salim, Emil, Paradigma Pembangunan Pendidiknn Nnsional Dalam Meuujudkan PeradabanBangsa, Calam buku Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru: 70 Talrun Prof. Dr. H.A.R.Tilaar, M.Sc. Jakarta: Grasindo.

Soedijari , 2AAB, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kta, Jakarta: PT Kompas MediaNusantara.

Soedijarto, 2010, Pendidikan Nasional dan Pembongunan Kebudaynan dan Karakter Bangsa(latidiri Bangsa) dan lmplikasinya Terhadap Sistem Kurikulum dan Proses Pembelajaran, Makalah disajikan dalam "Sarasehan Nasional Pengembangan Pendidikan Budayadan Karakter Bangsa", Jakarta: Depdiknas

Tilaar, H.A.R., 2002, Perubalmn Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik TransformatifUntuk lndonesia, Jakarta: PT. Grasindo.

Ttlaar, H.A.R., dan Riant Nugroho, 2009, Kebijakan Pendidikan: Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zarnroni,2002, Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional Dalam Mewujudkan PeradabanBangsa, dalam buku Pendidikan Untuk Masyarakat lndonesia Baru: 70 Tahun Prof. Dr. H.A.R.Tilnar, M.Sc. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia