KONSEP PENDIDIKAN AL-ZARNUJI DAN IBN TAIMIYAH

Mubin Noho, Oktoviani Oktoviani

Abstract


Sebagai implikasi pandangan Al-Zarnuji tentang tujuan pendidikan / pengetahuan yang diperoleh ada dampak positif yang bersifat instruktif sebagai kelebihan dari itu dan juga dampak negatif yang instruktif sebagai kekurangannya. Impct pendidikan yang positif adalah rasa tanggung jawab yang sudah sangat kuat pada pemikiran yang menembus pendidikan, dan memperkuat rasa tanggung jawab moral. Tugas mengajar dan belajar bukan hanya sebagai tugas profesional yang bekerja dan tugas kemanusiaan, tetapi lebih jauh dari apa yang merupakan tugas yang menuntut tangguh. Tanggung jawab yang tegas sebagai titik sentral dalam pendidikan Islam, selain tanggung jawab kemanusiaan baik tingkat konsep konstruksi dan tingkat aplikasi pendidikan. Dampak negatif edukatifnya membuat istilah al-ilm (pengetahuan) bahwa Al-Quran dan Hadist menjadi absolut tanpa batas menjadi hanya terbatas pada ilmu-ilmu agama, dan kecenderungan pencapaian pendidikan spiritual yang lebih menonjol, mendorong pemikiran pendidikan Islam ke arah mengabaikan pergaulan para pelaku. dunia dengan segala kemanfaatan dan upaya amal yang sebenarnya bisa dinikmati dan bisa dilakukan.


Keywords


Paradigma PendidikanAl-Zarnuji dan IBN Taimiyah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falalsifatuha,(Mesir: ‘Isa al-Bab al-Pabi wa Syurakah, 1975

Al-Attas, Syed Muhammad al-Naqueib, Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979

Al-Syaibani, Omar Mohammad al-Taumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Bandung: Bulan Bintang, 1979

Arifin, HM., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 1987

Asari, Hasan. “Yang Hilang dari Pendidikan Islam:Seni Munadharah”. Ulumul Qur’an. No. 1. Vol. V., 1994

G.E. Von Grunebaum, et.al, Ta’lim al-Muta’allim Taruq al-Ta’allum: Instructions of the Studies: The Methode of Learning, New York: King’s Crown Press, 1947

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Cet. 1, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989

Madjid, Busairi. Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim. Yogyakarta: Press, 1997

Mahali, A. Mudjab, & Mujawazah Mahali. 1988. Kode Etik Kaum Santri. Saduran Yogyakarta: Al-Bayan, 1988

Musnamar, Tosari “Masalah Operasionalisasi Konsep Pendidikan Islami di Indonesia dalam Menatap Masa Depan”, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, I, No. 2 April, 1991

Nasir, Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal; Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam,(Cet.1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000

Plessner, M. “Al-Zarnuji” dalam The Encyclopedia of Islam, Vol. IV, Leiden: E. J. Brill, 1913-1934

Qomar, Mujamil. Pesantren; Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2005

Ridha, Muhammad Jawwad, al-Fikr al-Tarbawiy al-Islamiy, Muqaddimah fi Usulih al-Ijitima’iyyah wa al-‘Aqlaniyah,Kuwait: Dar al-Fikr al-‘Arabiy, 1980




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i2.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia