MANAJEMEN BEBASIS KINERJA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENDIDIKAN YANG BERMUTU

RAMLI YUSUF, A,Wahab A. Rahim

Abstract


Manajemen berbasis kinerja dalam pendidikan membutuhkan proses pelayanan public yang bermutu dan memuaskan. Maka sebagai aparatur penyelenggara Negara terutama instansi teknis terkait yang memiliki kewenangan dalam menangani institusi pendidikan termasuk guru dituntut agar mampu bekerja secara professional berdasarkan prosedur terstandar atau SOP (standar operating procedure) dengan mengedepankan mutu pelayanan prima dan kepuasan konsumen. Sebab selama ini salah satu elemen penting yang menunjukan kelemahan tatakelola pendidikan adalah buruknya kinerja pelayanan public mengakibatkan mutu hasil lulusan sangat rendah dan tidak kompetitive.Kinerja lembaga pendidikan itu produktif atau tidak juga sangat tergantung pula pada aspek perilaku sikap, motivasi, perhatian dan budaya kerja baik sebagai individu maupun tim di dalam lingkup organisasi. Hal ini berarti bahwa factor perilaku amat mempengaruhi tinggi-rendahnya capaian kinerja bagi setiap lembaga pendidikan

Keywords


manajemen, kinerja dan mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Amtu Onisimus, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2011

Djalal Fasli, Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta: Adi Cipta Karya Nusa, 2001

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004,

Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005

Handoko Hani T, Manajemen, Yogykarat: BPPE, 1999

Ruky S Ahmad, Sukses Sebagai Manajer Profesional Tanpa Meraih Gelar MM atau MBA, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,2002

Supardi, Kinerja Guru, Jakarta: Raja Grafindo, 2013

Setyawan Mulyadi, Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen, Jakarta: Salemba Empat, 2001

Sallis Edward, Total Quality Management in Edducation, diterjemahkan oleh Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurazi, dengan judul; Manajemen Mutu Terpadu, Jogjakarta: IRCiSoD, 2012

Thoha Miftah, Perilaku Organisasi Konsep Dasar & Aplikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Usaman Uzer Moh,Menjadi Guru Profesional,Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FORAMADIAHI

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman  
Published by Faculty of Educatioan and Teacher Training, IAIN Ternate, North Maluku, Indonesia