PELATIHAN METODOLOGI PEMBELAJARAN GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 1 TIDORE KEPULAUAN

Minggusta Juliadarma, Mubin Noho, Andy Andy, Ramli Yusuf, Fahima Mukmin, Susilawati Tamrin

Abstract


Salah satu alat pendidkan yaitu metode pembelajaran. Penggunaan metode yang tepat maka ilmu pengetahuan dapat diserap oleh anak didik dengan sebaik-baiknya. Metode yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Sebagai seorang pendidik maka kita perlu mengetahui metode-metode dalam proses pembelajaran. Dengan mengetahui metode-metode tersebut, maka kita diharapkan mampu menyampaikan materi pelajaran dengan berbagai variasi sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan lebih mudah. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh program studi manajemen Pendidikan islam ini diadakan di SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat pada guru SMP Muhammadiyah 1 Tidore Kepulauan ini adalah metode ekspositori, metode praktikum, dan metode diskusi. Pelatihan ini membantu guru dalam mengaplikasikan metodologi pembelajaran, dengan harapan setelah mengikuti pelatihan, guru-guru lebih mengenal konsep metode pembelajaran, lebih profesional sebagai guru dalam mendidik siswa-siswanya sehingga menjadi siswa yang memiliki intelektual yang baik, memiliki akhlak yang terpuji, dan meningkatkan kualitas guru sehingga  semakin lebih baik lagi di masa depan

References


Daftar Referensi

Andy. “Strategi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam di Pondok Pesantren An Anahdlah Makassar.” Al-mishbah 16, no. 2 (Desember 2020): 245–65.

Ilyas, Usman. “The Effect of Trust, Rewards, and the Quality of Work Life to the Lecturers’ Performance at Muhammadiyah University of North Maluku” 7, no. 4 (2016).

Noho, Mubin. “ETOS KERJA GURU DALAM PERSPEKTIF SYEKH AL-ZARNUJI.” Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman 11, no. 2 (Desember 2019): 259–72.

Yusuf, Ramli. “MANAJEMEN BEBASIS KINERJA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PENDIDIKAN YANG BERMUTU.” Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman 10, no. 2 (Desember 2018): 200–219.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/arc.v3i2.890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.