PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PEMASANGAN LAMPU PENERANGAN JALAN BANJAR PITRA KECAMATAN PENEBEL TABANAN BALI)

Nilton Da Conceicao Marques, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri, Adie Wahyudi Oktavia Gama

Abstract


Penerangan  jalan umum adalah instalasi di jalan untuk keperluan penerangan pada malam hari. Namun fenomena yang terjadi beberapa lampu  jalan umum (LPJU) di Banjar Pitra tidak menyala pada malam hari. tanpa lampu  jalan kemungkinan memiliki banyak kasus serius dan kecelakaan, yang berdampak negatif pada kehidupan sosial di malam hari. suatu tindakan mengatur sumber daya yang ada pada mahasiswa KKN Undiknas dengan tujuan agar sumber daya tersebut dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Agar sistem penerangan yang ada di Lingkungan Banjar Pitra tetap terjaga dengan baik. Bagian Penerangan Umum, Prasarana Keselamatan dan Prasarana Teknis. dilakukan untuk menganalisis kinerja pengelolaan  penerangan jalan dan menganalisis faktor-faktor penghambat pengelolaan penerangan jalan yang dilakukan oleh Bagian Penerangan menggunakan metode kualitatif. Lampu penerangan jalan merupakan bagian dari bangunan pelengkap jalan yang digunakan untuk menerangi jalan maupun lingkungan sekitarnya. Penerangan merupakan infrastruktur penting dari sebuah kota. PJU memiliki beberapa fungsi seperti: memberikan rasa nyaman kepada pengguna jalan, mencegah terjadinya kecelakan, dan memberikan nilai estetika pada sebuah kota. Penerangan Jalan Umum fasilitas   penting yang dibutuhkan masyarakat. Sebagian besar kondisi LPJU tidak sesuai dengan standar yang ditentukan. Oleh karena itu perlu dilakukan optimalisasi penerangan umum dengan memvariasikan penggunaan luminer sesuai kondisi lapangan untuk mendapatkan hasil intensitas penerangan sesuai standar SNI BSN yang ditetapkan


References


D. P. Buwana, S. Setiawidayat, and M. Mukhsin, “Sistem Pengendalian Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Melalui Jaringan Internet Berbasis Android,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 149–154, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i3.820.

Kementrian PUPR, “Modul 6 perencanaan perlengkapan jalan,” pp. 11–81, 2017.

D. P. Buwana, S. Setiawidayat, and M. Mukhsin, “Sistem Pengendalian Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Melalui Jaringan Internet Berbasis Android,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 149–154, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i3.820.

kominfo, “PEMELIHARAAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM,” dinas perhubungan kabupayen Ponorogo, 2021. https://dishub.kulonprogokab.go.id/detil/307/pemeliharaan-lampu-penerangan-jalan-umum (accessed Sep. 03, 2022).

I. A. Syarifudin, B. Sirait, and Purwoharjono, “Rancang Bangun Penataan Lampu Penerangan Jalan Umum Di Kota Sintang,” J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2015.

F. I. Syahabudin, T. K. Sendow, and A. L. E. Rumayar, “Perencanaan Lampu Pengatur Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Sultan Hasanudin Dan Jalan Ari Lasut Menggunakan Metode Mkji,” J. Sipil Statik ISSN 2337-6732, vol. 3, no. 10, pp. 685–695, 2015.

A. Pratomo et al., “Perencanaan Penataan Lampu Penerangan Jalan Umum(Lpju) Kabupaten Semarang Upj Ungaran,” 2011, pp. 1–11.

E. A. Yulanda, H. Kusnadi, S. Amali, S. Rohim, and A. Tama, “Perbaikan Dan Penerapan Sistem Otomatis Lampu Penerangan Jalan Umum Di Desa Cibeteung,” vol. 1, no. 07, pp. 658–665, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/arc.v3i2.837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.