Pendampingan Managemen Sekolah dan Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran bagi Guru-Guru TK Pengembangan 1 Kota Ternate

Nurbaya Nurbaya

Abstract


Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk melakukan perbaikan terkait dengan managemen pengelolaan sekolah, managemen pengelolaan kelas dan kegiatan pembelajaran, serta upaya sekolah dalam menjalin kerjasama dengan orang tua dan stakeholder lain. Pendampiangan ini dilakukan di TK Pengembangan 1. Hasil dari pendampingan adalah terwujudnya pembelajaran yang sesuai dengan tema dan karakter anak yang tergambar dalam RPPH, managemen pengelolaan yang tersusun secara sistematis untuk memudahkan proses pembelajaran TK Pengembangan 1, dan terciptanya kegiatan parenting bulanan yang dilakukan oleh guru-guru TK Pengembangan 1 dan orang tua murid dengan tujuan menjalin kasih dan cinta untuk mendidik siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

References


Adrianti. (2011). Partisipasi orang tua dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini (studi dekriptif pada paud binaan bpkb provinsi gorontalo). Jurnal Pendidikan, 7 (1).

Aulina, dkk. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pendampingan Bagi Guru POS PAUD. Jurnal ABDI vol 3 nomor 2.

Bloom, Benjamin S. (1982). Human characteristics and school learning. New York: McGraw-Hill Book Company.

Chatip, Munif. (2015). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah setiap Anak. Bandung. Penerbit Kaifa Learning.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Khadijah, (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2 (1), 51-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.4633/arc.v3i1.798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.