Menumbuhkan Karakter Pribadi Muslim pada Siswa MA Asy-Syifa Muhammadiyah Sumbermulyo dengan Gerakan Literasi

Chusnul Azhar, Yunita Furi Aristyasari

Abstract


Madrasah Aliyah Asy-Syifa Muhammadiyah Sumbermulyo adalah salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang dikelola secara struktural oleh Pesantren Asy-Syifa Muhammadiyah Bantul dan berfungsi sebagai sarana pendidikan formal bagi seluruh santri yang seluruhnya tinggal di asrama dengan model pendidikan boarding school. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti olah raga, bela diri Tapak Suci, gerakan kepanduan Hizbul Wathan, organisasi pelajar (IPM), praktik komunikasi bahasa asing, dan latihan pidato sudah berjalan dengan baik. Namun, kegiatan berkaitan dengan literasi masih sangat minim, terlihat dari belum terselenggaranya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dikelola dengan manajemen yang profesional. Maka, pada program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan berbagai kegiatan dengan fokus pada 4 tahapan metode pelaksanaan sebagai berikut: (1) Sosialisasi tentang urgensi GLS, (2) Membentuk tim pelaksana GLS, (3) Menyelenggarakan berbagai workshop manajemen kegiatan GLS, dan (4) Pengadaan ruang perpustakaan. Hasil program pengabdian kepada masyarakat ini adalah terbentuknya tim pelaksana GLS untuk mengelola beberapa kegiatan literasi yaitu lomba majalah dinding, bedah buku, bedah film edukasi, dan kunjungan ke kantor Suara Muhammadiyah dengan penerapan fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling.

References


Antoni Widodo, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2020, 16, 11 – 21.

Anwas, Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta, 2014.

Dawam Ainurrafiq, dan Ahamad Ta’arifin, Manajemen Lembaga pendidikan Islam Berbasis Pesantren, Yogyakarta: 2005.

Hamdan Husein Batubara, dan Dessy Noor Ariani, Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin, 2018, 18, 15 – 29.

Hanum Hanifa Sukma, Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar, 2021, 33, 11 – 20.

Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Febrina Dafit, dan Zaka Hadikusuma Ramadan, Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2020.

Febriana Ramandanu, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa, Jurnal Mimbar Ilmu, 2019.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Muhammad Hilal Hidayat, Imam Agus Basuki, dan Sa’dun Akbar, Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2018.

Syaifur Rohman, Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah, TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2017, 4, 34 – 50.

PP Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Yogyakarta: Penerbit Suara Muhammadiyah, 2009.

Wendri Wiratsiwi, Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar, REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2020.

Yulisa Wandasari, Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter, JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2017, 1, 325 – 343.




DOI: http://dx.doi.org/10.4633/arc.v3i1.797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.