Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial Masyarakat Desa Gorua Kecamatan Tobelo Utara di Masa Pandemi Covid-19

Asrul Usman, Dian Safitri M Tosofu, Aliiffaradiq Mujakir, Ariani Barmawi, Julfa Malase, Mujahidin Kadafi A. Tawari

Abstract


Pemberdayaan Masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat akan sukses atau dapat terjadi apabila warga ikut berpartisipasi. Olenya itu keterlibatan masyarakat Desa Gorua Selatan Kecamatan Tobelo akan menyukseskan pemberdayaan masyakarat sangat penting terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Disisi lain penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih menunjukkan tanda-tanda penyebaran yang massif, setiap hari kita dihadapkan pada kenyataan bahwa terus menerus terjadi penambahan kasus positif covid- 19 dan kasus kematian pun semakin membuat merinding. walaupun sudah banyak pakar dan ahli optimis pandemic ini akan cepat mereda melalui analisis dan prediksi, asalkan semua pihak kooperatif, bersinergi dan bekerja sama untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran. Perguruan tinggi termasuk salah satu yang wajib memberikan peran aktif dalam penangan wabah ini. Atas pertimbangan tersebut, maka pilihan pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan mahasiswa IAIN Ternate bersama masyarakat melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Gorua di Masa Pandemi Covid-19.

References


Ahmad Sururi, dkk., Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat melalui

Pemberdayaan Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kawasan Pantai Uatara Desa Domas Kabupaten Serang, Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 3, No. 3, Desember 2020, hal. 405-415.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Rineka Cipta: Jakarta.

Coastal Community Develo pment Project (CCDP). 2015. Petunjuk Teknis Tenaga Pendamping Desa Masyarakat Pesisir. Jakarta: CCDP

Edwards III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Inc.

Humala Simangunsong, dkk., Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Desa Banjar Jaya, Tridarma: Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Volume 2 No. 1, Mei 2019, hal. 8-11.

Peraturan Menteri Desa dan PDTT Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pendampingan Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 201 4 tentang Dana Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.4633/arc.v3i1.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.