Perkembangan Karakter Anak Melalui Pola Asuh Orang Tua Di Rumah

Wirda AZ Umagap, Ruslan Laisouw

Abstract


Perkembangan karakter sangatlah penting bagi seorang anak dimana anak mendapatkan pendidikan secara langsung dari keluarga terutama orang tua. Dalam pengembangan karakter itu sendiri mengandung nilai-nilai perilaku yang baik bagi diri seorang anak, keluarga dan lingkungan disekitarnya. Dalam mengembangkan karakter seorang anak agar menjadi yang orang yang lebih baik dan mendapatkan pendidikan karakter itu sendiri, sangat berkaitan dengan pola asuh dari orang tua di rumah, sejak anak tersebut dilahirkan. Bentuk dan watak seorang anak berubah dapat dilihat dari cara orang tua membimbing dan mendidiknya dengan baik. Lingkungan keluarga yang baik di percaya dapat memberikan pembentukan karakter seorang anak menjadi lebih baik. Itu pun tergantung dari pola asuh orang tua dalam memberikan bimbingan dan pendidingan yang lebih baik.

Keywords


: Karakter, Anak, Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Ani Siti Anisah, 2010. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter Anak, Jurnal Pendidikan Universitas Garut 5(1), hlm.76

Amirulloh Syarbini, 2014, Model pendidikan karakter dalam keluarga, Jakarta: gramedia, 69 – 73

Chatib. M, 2012. Orangtuanya Manusia Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Kaifa.

Enni k. Hairuddin, 2014. Membentuk Karakter Anak dari Rumah, Jakarta: Gramedia, 33

Husnatul Jannah, 2016. Bentuk Pola Asuh Orang Tua dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Ampek Angkek, Person PAUD,1(1).

Ida, W. 2019. Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima). Jurnal Pendidikan Sosiologi, II(II), 43–49.

Irjanti, R., & Setiawati, A. 2018. Pengaruh Nilai-Nilai Karakter Terhadap Prestasi Belajar di SDIT Salman Al Farisi. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, 40–50.

Juharta, Y. Nur fatimah, Tjalla, A., & Hidayat, Dede Rahmat. 2015. Belajar Dilihat Dari Pola Asuh Authoritative, Authoritarian Dan Permisif. insight jurnal, 4(1), 1–8.

Kadek Suranata dan Made Sulastri, 2010. Masalah-masalah yang dialami anak usia dini dan implikasinya bagi pelaksanaan BK di Taman Kanak-Kanak,: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Lisa, D. Aswandi, & Yuniarni, D. 2016. Penggunaan Hukuman yang Edukatif dalam Membentuk Perilaku Disiplin Anak di RA Babussalam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6), 1–10.

Lia, P. A. D., & Arif, R. 2021. Grand parenting membetuk karakter anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini2, 5(2).

Lies, J., Bronk, K., C & Mariano, J.M. 2008. The Community Contribution to Moral Development and character. Dalam Nucci, L.P & Narvaes, D. (Eds.). Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge. (520-536).

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Foundation.

Maunah, B. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Pendidikan Karakter, V(1), 90–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/1 0.21831/jpk.v0i1.8615.

Muchlas Samani dan Hariyanto, 2013. Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, cetakan ketiga, 43

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395.

Rahmi, Y. A., & Riana, N. 2018. Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Disiplin Anak. Jurnal Obor Penmas Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 3 Komputido Gramedia,

Rosyadin, 2013. Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter, (Konsep Praktek PAUD Islam), Jakarta. Rajawali.

Salafuddin, 2020. Pola Asuh Orang Tua Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak‟, Perempuan Dan Anak Indonesia, 2.

Shochib, 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri, ( PT. Rineka CIPTA, Jakarta), h. 204

Susanto A. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana.

Steinberg, L., Blatt-Eisengart, I., & Cauffman, E. 2006. Patterns of competence and adjustment among adolescents from authoritative, authoritarian, indulgent, and neglectful homes: A replication in a sample of serious juvenile offenders. Journal of Research on Adolescence, 16(1), 47–58.

Syamsu Yusuf LN, 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2011), hlm.37

Surayin, 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia , (Bandung: Yrama Widya), h. 447

Thomas Lickona, 2013. Educating for Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter, terjemahan Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara, 82

Uli, I. 2018. Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 140–149.

Wiwit Wahyuni, Jash, Metta Rachmadiana, 2003. Mengkomunikasikan Moral Kepada Anak. Jakarta: PT Alex Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v15i2.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.