Peran Ibu Dalam Mengajarkan Matematika

Yani Djawa

Abstract


Matematika  sejak peradaban manusia bermula, memainkan peranan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai bentuk simbol, rumus, teorima, dalil, ketetapan, dan konsep digunakan untuk membantu perhitungan, pengukuran, penilaian, dan peramalan. Dalam kehidupan sehari-hari secara langsung maupun tidak langsung kita sudah belajar matematika, dimulai dari mengatur keuangan dalam keluarga mulai dari pembayaran keperluan rumah dalam sehari-hari misalnya bayar air, listrik, pajak, telpon, makanan. Selain itu juga kita dituntut u hik mengafalkan dan mengingat belasan nomor, mulai dari nomor telpon (Hp) sampai dengan nomor-nomor kartu tanda pengenal, NIP, tanggal kelahiran, dan umr kita. Di dalam keluarga ibu berperan sebagai guru dalam proses belajar dirumah. Maksudnya proses belajar yang berlangsung itu melibatkan proses internal antara anak dengan ibu, maksudnya hanya ibu yang memahami cara belajar anaknya sendin. Disinilah butuh peran ibu dalam membentuk mental, perilaku, dan pemahaman anak dalam belajar matematika dengan cara menerapkan matematika dalam kehidupan schari-hari

Keywords


Peran. Ibu, Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, terj., Jamaluddin Miri, Jakarta: Pustaka Amani, 1999),

Carter J.S. (2007). What is mathematic. Artikel. Diambil tanggal 2 Juli tahun 2012

H. Abdul Djamil. Bias Jender Dalam Pemahaman Islam. Yogjakarta. Gama Media.2002,

Herman Hudojo. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan.

James le Fanu.Deteksi Dini Masalah- Masalah Psikologi Anak.Jogyakarta. Think Jogjakarta ,2009

Moch Masykur Ag dan Abdul Halim Fathani. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2007.

Muhibbin Syah.Psikologi Belajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.2003

Syafiul Bahri Djamarah. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Suatau Pendekatan Teoritis Psikologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.2005.

http://blog.unnes.ac.id/ pendidikanku/makna-seorang-ibu-penuh-arti-dalam- hidup-kita) diakses tanggal 26 januari tahun 2013

http://health.detik.com/read/2012/06/22/115209/1948121/763/5/biar-anak-sukamatematika-

begini-caranya, diakses tanggal 30 Desember Tahun 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-wardah.v14i2.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama



  

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.