PENGARUH ISLAM DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN KESULTANAN TERNATE

Masfa Malan

Abstract


Kesultanan Ternate merupakan salah satu wilayah dari empat kesultanan yang berada di Moloku Kie Raha dan bahkan Indonesia yang masih tetap eksis dengan model pemerintahannya yang khas, yakni memadukan antara sistem pemerintahan (kesultanan) dengan nilai-nilai agama (Islam). Perpaduan antara agama (Islam) dan tradisi lokal dalam penyelenggaraan pemerintahan inilah yang kemudian mengantarkan kesultanan Ternate menjadi salah satu kerajaan besar yang disegani oleh kerajaan di Nusantara bahkan dunia. Dari sini ada ketertarikan penulis untuk melihat pengaruh nilai ke-Islaman dalam penyelenggaraan kesultanan Ternate, sehingga mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Kesultnan Ternate adalah sebuah Kerajaan yang terlahir dari solidaritas rakyat yang dalam teori Ibnu Khaldun disebut dengan Ashabiyah. Ashabiyah dikalangan rakyat Ternate ini telah terbentuk jauh sebelum masa kesultanan yang dikenal dengan momole.  Dan dari solidaritas tersebut kemudian berevolusi menjadi sebuah negara yang dilakukan dengan satu konsensus politik yang dikenal dengan konsensus foramadiahi yang kemudian melahirkan kerajaan Ternate. Ketika masuknya ajaran Islam ke Ternate dan mengalami akulturasi dengan kebudayaan Ternate, maka terjadi reformasi sistem pemerintahan yakni, perubahan gelar raja dari Kolano menjadi Sultan dan terdapat penambahan lembaga yang mengurus bidang keagamaan yang disebut dengan Bobato Akhirat. Selain itu, ada juga beberapa kebijakan yang mengatur tata kehidupan masyarakat yang bersumber dari ajaran Islam.

Keywords


Pemerintahan, Islam, Kesultanan Ternate

Full Text:

PDF

References


Referensi

Referensi ditulis dengan format APA Edisi ke 6. Untuk contoh penulisan bisa dilakukan seperti ini (Adam & Basir, 2019, hal. 22). Disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley atau Zotero.

Untuk Daftar Pustaka adalah seperti ini:

Adam, Adiyana. (2019). Gender dalam Perspektif Islam. Ternate: Penerbit Perspektif.

Adam, Adiyana. (2019). Kesetaraan Gender dalam Islam. Al-wardah : Jurnal kajian Perempuan, Gender dan agama, 8 (1). http://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/alwardah/article/view/6

Amal, M. Adnan , Kepulauan Rempah-Rempah Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2010.

Ammari, Fachri, J.W, Siokona. Ternate Kelahiran dan Sejarah Sebuah Kota, Pemerintah Kota Ternate, 2003.

Bafadal, Fadhal AR. dkk, (ed). Mushaf-Mushaf Kuno di Indonesia, Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Departemen Agama RI, 2005.

Djafaar, Irja Arnyta. Jejak Portugis di Maluku Utara, Jogjakarta: Penerbit Ombak, Cet. II, 2007

Ebyhara, Abu Bakar, Pengantar Ilmu Politik, Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2010.

Iqbal, Muhammad, Amin Husein Nasution, Pemikiran Politik Islam, Dari Masa Klasik Hingga Indonesia Kontemporer, Jakarta : Kencana, 2010.

Jindan, Khalid Ibrahim, Teori Politik Islam, Tela’ah Kritis Ibnu Taimiyah Tentang Pemerintahan Islam, Surabaya : Risalah Gusti, 1995.

Khazdiq, Islam dan Budaya Lokal Belajar Memahami Realitas Agama dalam Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Teras, 2009.

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. VIII, 2000.

Sachari, Agus. Sunarya, Yan Yan. Desain Dunia Kesenirupaan Indonesia Dalam Wacana Transformasi Budaya, Bandung : Penerbit ITB, 2001.

Surbakti, Ramlan. Memahami Ilmu Politik, Jakarta: Penerbit PT Grafindo, 2010.

Suhelmi, Ahmad. Pemikiran Politik Barat, Kajian Sejarah Perkembangan Pemikiran Negara, Masyarakat dan Kekuasaan, Cet. III, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Taib, Rinto, Gerakan Sosial Masyarakat Adat Kesultanan Ternate, Upaya Memahami Konflik Pembangunan Bandara Babullah Ternate,Ternate; Dewan Pakar Kesultanan Ternate dan Tim 4 Aliansi Masyarakat Peduli Korban Pembangunan Bandara Sultan Babullah Ternate, 2010.

Thoha, Ahmadie, Muqaddimah Ibnu Khaldun (terj), Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000.

Jurnal dan Makalah

Nurul Huda, Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Ashabiyah, Suhuf, Vol. 20 No.1, Mei 2008.

Depdikbud, Sekitar Tradisi Ternate, Ternate: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Depdibud Ternate.

Hamid, Abdul, Aroma Sejarah Ternate, kumpulan makalah tentang sejarah Ternate, 1998.

Machmud, Irmon, Kelompok Etnis Dalam Pelukan Elite Lokal, Studi Tentang Politik Etnis Dalam Pemilukada Kota Ternate 2010 (Tesis Program Pasca Sarjana UGM, 2011)

Laporan Penelitian Tim Peneliti UGM, Agama dan Perubahan Sosial, Studi Tentang Hubungan Antara Islam, Masyarakat, dan Struktur Sosial-Politik Indonesia. Pusat Antar Universitas-Studi Sosial UGM Yogyakarta, 1992-1993.

Syah, Mudaffar. Eksistensi Kesultanan Ternate Dalam Sistem Tata Negara Republik Indonesia (Potensi keraton Dalam Pembangunan Kebudayaan Bangsa Yang Berbhineka Tunggal Ika). Makalah, 2009.

(http://tasarkarsum.blogspot.com/2007/09/) akses tanggal 23 mei 2011 jam 21.17




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v5i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.