Tradisi Kitab Kuning Pada Pondok Pesantren An Nahdlah

Andy Andy

Abstract


Secara umum kharisma kiai dalam kaitannya dengan pesantren merupakan hal yang esensial dan memberikan pengaruh besar terhadap santri yang dibinanya dan metode pembelajaran pendidikan Islam (pengajian kitab kuning) yang dilaksanakan setiap hari setelah salat Magrib dan Isya di Masjid Nurul Ihsan. Berdasarkan data yang penulis dapatkan, pada dasarnya An Nahdlah dalam membina dan membentuk perilaku santri menerapkan setidaknya ada 6 metode yang diterapkan dalam membentuk perilaku santri, yakni Metode Keteladanan (Uswah Hasanah), Latihan dan Pembiasaan, Mengambil Pelajaran (ibrah), Nasehat (mauidzah), Kedisiplinan, Pujian dan Hukuman (targhib wa tahzib). Sehingga perilaku yang terbentuk menunjukkan perilaku yang baik, hal ini terbukti bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan dari sistem pendidikan Islam (pengajian kitab kuning) terhadap perilaku santri.


Keywords


Pesantren, Kharisma Kyai, Tradisi Kitab Kunin

Full Text:

PDF

References


A’la, Abd. Pembaruan Pesantren. Cet. I; Yokyakarta: LKiS. 2006.

An Nahlawi, Abd. Rahman. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Terj. Dahlan dan Sulaiman. Bandung: CV. Dipenegoro. 1992.

Aqil Siraj, Said. Tasawuf sebagai Kritik Sosial; Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi bukan Aspirasi. Cet. I; Bandung: Mizan. 2006.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta Selatan: Ciputat Pers. 2002.

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. Cet. I; Yogyakarta: Lkis. 2008.

Dhofier, Zamarkhsyari. Tradisi Pesantren; Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Cet. I; Jakarta: LP3ES. 1982.

Eksan, Moch. Kiai Kelana; Biografi Kiai Muchith Muzadi. Yogyakarta: Lkis. 2000.

Firdaus. Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren An Nahdlah UP Makassar. Cet I; Makassar : Pustaka An Nahdlah. 2009.

Getteng, Abd. Rahman. Kepemimpinan Pendidikan. Makassar: UIN Alauddin Makassar. 2009.

Gunarsa, Y. Singgih D dan Singgih D. Gunarsa. Psikologi untuk Membimbing. Cet. VII; Jakarta: PT. Bpk. gunung Mulia. 1995.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Jilid I; Jakarta: UGM. 1986.

Mulkan, Abdul Munir, dkk. Religiusitas Iptek; Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren. Cet. I; Yogyakarta: Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga. 1998.

Nahrawi, Amiruddin. Pembaharuan Pendidikan Pesantren. Cet. I; Yogyakarta: Gama Media. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v5i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.