KEPERCAYAAN KOMUNITAS TOWANI TOLOTANG

Jamaluddin Iskandar

Abstract


Indonesia terdapat banyak agama yang dianut oleh masyarakatnya, ada enam yang telah disyahkan oleh Negara menjadi agama resmi, yakni Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Meski agama yang diakui Negara jumlahnya, dalam kenyataannya banyak sekali agama-agama lain yang juga ada dan berkembang di Indonesia. Agama-agama tersebut pada umumnya merupakan agama yang memiliki sedikit penganut dan bersifat lokal karena kehadiran serta perkembangannya yang sangat terbatas dalam ruang lingkup geografis tertentu.

Agama-agama lokal merupakan agama yang dianut oleh masyarakat Indonesiajauh sebelum agama-agama ‘impor’ dikenal. Agama ini hadir di setiap kelompok masyarakat yang menampilkan wajah yang berbeda dengan apa yang dianut di tempat-tempat lain. Agama-agama non resmi Negara yang berkembang secara khusus seperti itulah yang kemudian dikenal dengan sebutan agama lokal. Istilah agama lokal merupakan antitesa dari agama luar atau agama “impor”, yaitu kepercayaan yang berasal dari sejumlah peradaban luar nusantra. Menurut Muttaqien, agama lokal merupakan istilah yang disematkan terhadap kepercayaan Nusantara yaitu agama tradisional yang telah ada jauh s

Keywords


Komunitas Towani Tolotang

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin Daya (1994). Agama dan Masyarakat. Yogyakarta:Tiara Wacan

Kahmad Dadang, Sosiologi Agama, Bandung: Rosda, 2000

Muttaqien, Ahmad “Spiritualitas Agama Lokal (Studi Ajaran Sunda Wiwitan

Aliran Madrais di Cigugur Kuningan Jawa Barat)”. Jurnal Al Adyan. VIII, no. 1. 2013.

Koentjaraningrat Pengantar Antropologi II: Pokok-pokok Etnografi. Jakarta:Rineka Cipta. 2002. Hal

Masdar Hilm Hilm (2002). Pendidikan Berbasis Multikultural. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Mudzhar, Atho. 1985. Mesjid dan Bakul Keramat. Dalam Mukhlis dan Kathryn obinson. (ed). Agama dan Realitas Sosial. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin, Ujungpandang.

Saidi Anas, (Ed. ), Abdul Aziz dkk, Menekuk Agama, Membangun Tahta (Kebijakan Agama Orde Baru), Cet.1, Penerbit Desantara, 2004.

S Turner Bryan, Relasi Agama dan Teori. Jogjakarta; IRCiSoD. 2003

Saifudin, Achmad Fedyani, (2000). Agama Dalam Politik Keseragaman. Jakarta: Badan Penelitian dan PengembanganAgama, Departemen Agama RI. 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v5i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.