Persepsi Mahasiswa Tentang Lagu “Man Ana” dan Keputusan Belajar Bahasa Arab

Prita Priantini Ch Dede Sutisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana persepsi mahasiswa KPI tentang lagu “Man Ana” dan keputusan belajar bahasa Arab. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dirancang sebagai survei deskripstif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sampel secara simple random sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara penyerapan terhadap objek dan keputusan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk belajar bahasa Arab lebih lebih lanjut; tidak terdapat hubungan antara pemahaman terhadap objek dan keputusan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk belajar bahasa Arab lebih lebih lanjut; dan terdapat hubungan antara penilaian mahasiswa KPI berupa  terhadap objek dan pendalaman arti lirik lagu “Man Ana”.

Keywords


Persepsi; Mahasiswa; Keputusan Belajar.

Full Text:

PDF

References


Jahi, Amri. Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-Negara Dunia Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia, 1988.

Komala, Lukiati. (2009). Ilmu Komunikasi : Perspektif, Proses dan Konteks. Bandung : Widya Padjadjaran.

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta : Prenadamedia Group.

Mubarok S.( 2013). Pengaruh Musik Klasik pada Janin Dalam Kandungan. http://www.keperawatanprofesionalislami.blogspot.com, diakses 14 Desember 2021.

Mulyana, Deddy. (2001). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Roudhanah. 2019. Ilmu Komunikasi. Depok : RajaGrafindo Persada.

Singarimbun, M. Dan S. Effendi. (1995). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Suryani, Tatik.(2008). Perilaku Konsumen: Implikasi padaa Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-tadabbur.v8i1.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.