Latar Belakang Muncul Dan Berkembangnya Pembaharuan Dalam Islam

Hindun Smith

Abstract


Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memahami perkembangan pembaharuan dalam Islam serta latar belakang kemunculannya. Sejarah menjadi salah satu hal penting untuk dipelajari dan diambil hikmahnya guna menghindari kebinasaan sebagaimana yang dialami kaum terdahulu sekaligus menggapai kemajuan masa mendatang. Kemunduran yang dialami oleh kaum Muslimin terdahulu merupakan akibat dari cara berpikir yang terlalu kaku sehinggaberikut sikap taklid yang akhirnya membawa umat Islam pada keterbelakangan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang berimbas pada kekalahan dan perebutan beberapa kerajaan Islam oleh kaum imperialisme Barat. Keterpurukan inilah yang menjadi ujung tombak bangkitnya kesadaran para pemikir sehingga tercetus berbagai gerakan pembaharuan yang membangkitnya kembali gairah kemajuan umat Islam. Sebagai agama yang dinamis, Islam mampu menjawab tantangan zaman sehingga pantas untuk mengalami pembaharuan dimana Al-Qur’ an dan Hadits sebagai acuannya ditafsirkan kembali secara kontekstual selain mengintensifkan partisipasi aktif kaum muslimin di bidan pendidikan dan politik.


Keywords


: Islam Modern, Pembaharuan Islam, Sejarah Pembaharuan

Full Text:

PDF

References


Asry, L. (2019). Modernisasi dalam Perspektif Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 10(2), hal. 127

Butar-Butar, A. J. R. (2017). Khazanah Peradaban Islam Di Bidang Turats Manuskrip (Telaah Karakteristik, Konstruksi Dan Problem Penelitian Naskah-Naskah Astronomi). Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 1(1).

Kersten, K. P. L. G. (2018). Mengislamkan Indonesia: Sejarah peradaban Islam di nusantara. Penerbit Baca.

Khoiri, A. (2019). Moderasi Islam dan Akulturasi Budaya; Revitalisasi Kemajuan Peradaban Islam Nusantara. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 1-17.

Hamdanah & Hartati, Z (ed.).(2018). Bunga Rampai Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta: K-Media.

Hidayat, E. (2019). Sejarah Perkembangan Hisab dan Rukyat. Elfalaky: Jurnal Ilmu Falak, 3(1), hal.36

Huzain, M. (2018). Pengaruh Peradaban Islam Terhadap Dunia Barat. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 10(2), 355-377.

Manan, N. A. (2020). Kemajuan dan Kemunduran Peradaban Islam di Eropa (711M-1492M). Jurnal Adabiya, 21(1), 54-79.

Mugiyono, M. (2013). Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam Dalam Perspektif Sejarah. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 14(1), 1-20.

Tajuddin, M. S., Sani, M. A. M., Yeyeng, A. T. (2016). Dunia Islam dalam Lintasan Sejarah dan Realitasnya di Era Kontemporer. Al-Fikr, 20(2), hal.347.

Yamin, M. (2017). Peradaban Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(1).

Zakaria, D. M. (2018). Sejarah Peradaban Islam: Prakenabian hingga Islam di Indonesia. Malang: CV. Intrans Publishing, hal.39.

Zulfikar, E. (2019). Historisitas Perkembangan Tafsir Pada Masa Kemunduran Islam: Abad Kesembilan dan Kesepuluh Hijriyah. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 271-282.

Zainudin, E. (2019). Peradaban Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i1.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.