PENGERTIAN MODERN, LATAR BELAKANG MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA PEMBAHARUAN DALAM ISLAM

Hindun Smith

Abstract


Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memahami perkembangan pembaharuan dalam Islam serta latar belakang kemunculannya. Sejarah menjadi salah satu hal penting untuk dipelajari dan diambil hikmahnya guna menghindari kebinasaan sebagaimana yang dialami kaum terdahulu sekaligus menggapai kemajuan masa mendatang. Kemunduran yang dialami oleh kaum Muslimin terdahulu merupakan akibat dari cara berpikir yang terlalu kaku sehinggaberikut sikap taklid yang akhirnya membawa umat Islam pada keterbelakangan dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi yang berimbas pada kekalahan dan perebutan beberapa kerajaan Islam oleh kaum imperialisme Barat. Keterpurukan inilah yang menjadi ujung tombak bangkitnya kesadaran para pemikir sehingga tercetus berbagai gerakan pembaharuan yang membangkitnya kembali gairah kemajuan umat Islam. Sebagai agama yang dinamis, Islam mampu menjawab tantangan zaman sehingga pantas untuk mengalami pembaharuan dimana Al-Qur’ an dan Hadits sebagai acuannya ditafsirkan kembali secara kontekstual selain mengintensifkan partisipasi aktif kaum muslimin di bidan pendidikan dan politik.


Keywords


: Islam Modern, Pembaharuan Islam, Sejarah Pembaharuan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, E. (2019). Sejarah Perkembangan Hisab dan Rukyat. Elfalaky: Jurnal Ilmu Falak, 3(1), hal.36

Zakaria, D. M. (2018). Sejarah Peradaban Islam: Prakenabian hingga Islam di Indonesia. Malang: CV. Intrans Publishing, hal.16-17.

Tajuddin, M. S., Sani, M. A. M., Yeyeng, A. T. (2016). Dunia Islam dalam Lintasan Sejarah dan Realitasnya di Era Kontemporer. Al-Fikr, 20(2), hal.347.

Asry, L. (2019). Modernisasi dalam Perspektif Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 10(2), hal. 127

Ismail, M. (2016). Memahami Makna Modernisasi. http://eprints.stainkudus.ac.id/680/5/5Bab2.pdf

Zakaria, D. M. (2018). Sejarah Peradaban Islam: Prakenabian hingga Islam di Indonesia. Malang: CV. Intrans Publishing, hal.39.

Tajuddin, M. S., Sani, M. A. M., Yeyeng, A. T. (2016). Dunia Islam dalam Lintasan Sejarah dan Realitasnya di Era Kontemporer. Al-Fikr, 20(2), hal.348.

Syuja, A. (2021). Faktor Penyebab Kemunduran Islam pada Abad Pertengahan. Abusyuja, http://www.abusyuja.com/2021/12/faktor-penyebab-kemunduran-islam-pada-abad-pertengahan.html

Hamdanah & Hartati, Z (ed.).(2018). Bunga Rampai Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta: K-Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/al-tadabbur.v8i1.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.