Harun Ar Rasyid dan Kejayaan Dinasti Abbasiyah

- Nurhidayat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan prestasi Harun Ar Rasyid terhadap kejayaan dinasti Abbasiyah. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kajian pustaka). Adapun metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Masalah yang akan dibahas adalah 1). Bagaimana Biografi Harun Ar Rasyid?. 2). Apa Prestasi Harun Ar Rasyid dalam Mencapai Kajayaan Dinasti Abbasiyah?. Hasil penelitian menunjukkan Harun Ar Rasyid adalah salah satu khalifah dinasti Abbasiyah yang terkenal dengan sikap bijaksana, taat kepada agama, dermawan serta sangat menghargai para alim ulama, cerdik-cendekiawan, dan seniman. Pada masa kepemimpinannya lahir ilmuan muslim yang terkenal seperti 4 mazhab hukum Islam, ilmuan muslim terkenal dalam bidang Filsafat, Kedokteran, Sastra, Matematika dan Astronomi. Dalam bidang sarana dan prasarana juga sangat diperhatikan Harun Ar Rasyid seperti pembangunan gedung, pasar, permandian, rumah sakit, serta universitas. Pada masa pemerintahan Harun Ar Rasyid inilah Islam mengalami masa kemakmuran, kejayaan dan keemasan.


Keywords


Harun Ar Rasyid, Kejayaan, Abbasiyah

Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul, Munir. (2009). Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah.

Alian. (2012). Metodologi Sejarah dan Implementasi dalam Penelitian. Jakarta: Unsri.

Al-Maududi, Abu A’la. (1996). Khilafah dan Kerajaan. Cet. VI. Bandung: Mizan Ensiklopedi Islam.

Al Hinduan, N. (2020). Karakteristik dan fungsi puisi pada masa transisi dari Dinasti Umayyah ke Dinasti Abbasiyah. Tarling: Journal of Language Education, 3(2), 153-169.

Daulay, H. P., Dahlan, Z., Matondang, J. A. S., & Bariyah, K. (2020). Masa Keemasan Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyah. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 1(2), 72-77.

DAINORI, D. (2019). Disintegrasi Dinasti ‘Abbasiyah. Jurnal Keislaman Terateks, 4(01), 40-51.

Fathiha, N. (2021). Peradaban Islam Masa Dinasti Abbasiyah (Periode Kemunduran). ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 17(1).

Gurdachi, A., & Afabel, H. (2021). Dampak Pemikiran As-Syaibani Bagi Pembangunan Perekonomian Dinasti Abbasiyah (750-804 M). El Tarikh: Journal of History, Culture and Islamic Civilization, 2(1), 11-23.

Hasanah, U., & Verawati, H. (2022). Pendidikan Islam Multikultural: Analisis Historis Masa Dinasti Abbasiyah. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(2).

Hinduan, N. A., Tohe, A., & Huda, I. S. (2020). Karakteristik dan fungsi puisi Arab pada Masa transisi pemerintahan Dinasti Umayyah ke Dinasti Abbasiyah. Alsina: Journal of Arabic Studies, 2(1), 51-70.

Ifendi, M. (2020). Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam. Fenomena, 139-160.

Madjid, Nurcholis. (2000). Islam Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina.

Masruroh, Siti. (2021). "Peradaban Masa Harun Ar Rasyid pada Dinasti Abbasiyah." Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.

Mutaqin, J. (2020). Semangat Ilmuwan Muslim dalam Pengembangan Institusi Pendidikan Madrasah Nizhamiyah dan Ilmu Pengetahuan pada Masa Dinasti Abbasiyah (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rozak, A. (2020). Budaya Literasi Masyarakat Islam Klasik Periode Dinasti Abbasiyah. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 214-228.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i1.752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.