PERAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK TIPE “Y” (Sebuah Kajian Fenomenologis)

EKAWATI RAHAYU NINGSIH

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas peran penting sistem pendidikan Islam dalam membentuk karakter kepribadian peserta didik tipe Y. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologis,  penerapan  sistem  pendidikan  di  Indonesia  dikaji secara mendalam dan dianalisis dari perspektif teori Y (Gregor, 1960) dan perspektif pendidikan Islam. Tulisan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis maupun teoritis, terutama untuk mengembangkan  sistem  pendidikan  di  Indonesia. Sekalipun  begitu tulisan   ini   memiliki   beberapa   keterbatasan   diantaranya   adalah kajiannya dibatasi oleh fenomena dan fakta sosial yang terbatas, sehingga diperlukan kajian yang lebih mendalam secara empiris pada penelitian berikutnya.


Keywords


Sistem Pendidikan Islam, kepribadian, teori Y

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agus, Bustanudin (1999), Pengembangan Ilmu Ilmu Sosial Studi Banding Antara Pandangan Ilmiah dan Ajaran Islam. Jakarta: Gema Insani Press

Fakih Mansour (2003), Sesat Pikir Teori Pembangunan dan

Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Husaini, S. Waqar Ahmed (2002), Islamic Sciences: An Introduction to Islamic Ethic, Law, Education, Politic, Economics, Sociology and System Planning. New Delhi: Goodword Books

Mc Gregor, D (1960). The Human Side of Enterprise, New York

Shabir Ahmed, A. A. Muntaqim dan Abdul Sattar. 1997. Islam and

Science. Islamic Cultural Workshop, USA. 2nd edition

Wibowo (2016), Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v4i1.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.