KONSEP AL-MU’AWANAH DALAM AL-QUR’AN (Suatu Kajian Tafsir Tematik)

Irfan Irfan

Abstract


Konsep al-Muawanah dalam al-Qur’an dirtikan sebagai bentuk tolong menolong atau bantu membantu untuk meringankan beban serta kesukaran. dalam penelusuran ayat-ayat yang terkait dengan term al-Muawanah, penulis melakukan klasifikasi ayat berdasarkan urutan turunnya yang terbagi ke dalam dua kategori, yaitu surah makkiyah dan madaniyah. Maka hasilnya adalah term al-Muawanah terkadang dimaksudkan sebagai sarana untuk memelihara sifat kemanusiaan antar sesama. Olehnya itu dengan adanya penelitian ini maka akan memberikan tambahan referensi dalam hal kajian tafsir utamanya hal-hal yang terkait al-Muawanah. Adapun metode anlisa yan digunakan adalah analitis deskriptif dengan menggunakan pendekatan maudhu’i atau tematik. Dan hasilnya dapat disimpulkan bahwa bentuk tolong menolong yang ada di dalam al-Qur’an, bukan hanya terkenal dengan istilah al-Muawanah semata, akan tetapi terdapat istilah lain yang dapat dipakai untuk menggambarkan hal tersebut. Seperti term ista’anah yang berarti memohon pertolongan.  


Keywords


al-Mu’awanah, maudhu’i, dan Tafsir

Full Text:

PDF

References


al-Bukhari, Imam Abi Abdillah Muhammad Ibn Ismail Shahih al-Bukhari, Juz VII. Kairo: Dar al-kutub al-ilmiyah.

Aziz,M. Amin. 2008. Kedahsyatan al-Fatihah: Solusi Islam pada Krisis Peradaban Umat Manusia. Cet I; Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Baharuddin, Abdul Mukti. 2015. Konsep Isti’anah Menurut Perspektif al-Qur’an. Jurnal Penyelidikan dan Inovasi Malaysia, Jilid II.

Baqi’, Fuad Abdul. 1981. al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fadz al-Qur’an al-Karim . Baerut: Dar al-Fikr.

Cawidu, Harifuddin. 1991. Konsep Kufur dalam al-Qur’an: Suatu Kajian dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Cet. I; Jakarta: Bulan Bintang.

Fauroni, Lukman. 2003. Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Al-Qur’an . Jurnal Iqtisad, Vol. 4. No.1

Hakim, Muhammad Lukman dan Fuad Hariri, 1995. al-Qur’an Paradigma Hukum dan Peradaban. Cet. I; Surabaya: Risalah Agusti.

Kementerian Agama RI. 2013. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Syarefa Publishing.

Marbawi,Muh Idris Rauf. 2015. Kamus Idris Marbawi Arab Melayu, juz I. cet V; Dar al-Fikr.

Munawwir, Ahmad Warson. 1994. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: Pesantren al-Munawwir.

Quthb, Sayyid. 2008. Tafsir si dzilal al-Qur’an. Jilid 3 . Baerut: Dar kutub ‘ilmiyah.

Ridha, Muhammad Rasyid. 2005. Tafsir al-Fatihah wa Sittu Suwar min Khawatim al-Qur’an. Terj. Tair Anwar Bactiar, Tafsir al-Fatihah Menemukan Hakikat Ibadah. Cet. I; Bandung: PT Mizan Pustaka.

Sabir, Muhammad. 2017. Keutamaan Hidup Bertetangga” (suatu kajian hadis). Jurnal al-Qadau Peradilan dan Hukum Keluarga Islam. Volume 4 No. 2.

Shihab, M.Quraish. 2012. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan keserasian al-Qur’an, Jilid II. Cet. V: Jakarta: Lentera Hati.

-------------------------, 2012. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an . Jilid 12 Cet. V; Jakarta: Lentera Hati.

-------------------------,2007. Wawasan al-Qur’an . Cet. I; Bandung: Mizan.

-------------------------. 2007. Ensiklopedi al-Qur’an: Kajian Kosa Kata. cet. I; Jakarta: Lentera Hati.

Sohrah, 2015. Konsep Syura dan Gagasan Demokrasi:Telaah Ayat-ayat al-Qur’an. Jurnal al-Daulah. Vol 4. No 1.

Thaib, Erwin Jusuf . 2014. Al-Qur’an dan Sunnah Sebagai Sumber Inspirasi Etos Kerja Islami: Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 15. No.1.

Umami, 2019. Meteri Akhlak . Cet. X; Solo: Ramadhani Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v6i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.