POLA KOMUNIKASI MAHASISWI BERCADAR DALAM INTERAKSI SOSIAL DI UIN IMAM BONJOL PADANG

Uky Firmansyah Rahman Hakim, Silvina ZE

Abstract


Mahasiswi bercadar menjadi menarik untuk diteliti karena cara mereka menjalankan perintah Allah yang berbeda dengan muslimah pada umumnya dan seperti apa mereka melakukan komunikasi dengan orang-orang di lingkungan kampus UIN Imam Bonjol. Komunikasi interaksional, mempunyai hubungan timbal-balik dan selalu ditanggapi, dapat dilihat ketika mahasiswi bercadar saat bertemu dengan teman, dosen, teman kos mereka menyapa dan bersalaman begitu juga dengan orang kantin, pegawai kampus, mereka menyapa walaupun komunikasi yang terjadi tidak begitu intens. Tetapi tidak semua pihak ketika berinteraksi dengannya melakukan timbal balik dan mendapat tanggapan seperti ada sebagian teman yang tidak suka dengan mahasiswi bercadar. Jika dengan lawan jenis mereka akan memberi batasan untuk hal-hal tertentu. Berbeda dengan pola komunikasi transaksional mahasiswi bercadar saat dengan teman terlihat saat mereka berdiskusi tentang pelajaran, kajian agama-agama dan hal positif lainnya. Ketika dengan dosen terlihat saat mereka berdiskusi di dalam kelas.

 


Keywords


Komunikasi Mahasiswi Bercadar, UIn Imam Bonjol Padang

Full Text:

PDF

References


Abu ahmadi, Psikologi Sosial, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007)

Faricha Hasinta Sari, Salmah Lilik, Rin Widya Agustin, Studi Fenomenologi mengenai Penyesuaian Diri pada Wanita, Jurnal Psikologi Vol.6 No.11, (Surakarta:Universitas Sebelas Maret, 2014)

Fathonah.K.Daud, Jilbab, Hijab dan Aurat Perempuan (Antara Tafsir Klasik, Tafsir Kontemporer dan Pandangan Muslim Feminis), Jurnal Studi Keislaman (Al-Hikmah), Vol.3 No1, Maret 2013

Lintang Ratri, Cadar, Media, dan Identitas Perempuan Muslim, Jurnal Forum. Vol. 39, No. 2, 2011

Mei Rusmiyanti, Repository.iainpurwokerto.ac.id, Prilaku Komunikasi Mahasiswi S1 yang Bercadar di IAIN Purwokerto (IAIN Purwokerto: Skripsi 2017)

Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Sari, et al/Studi Fenomenologi Mengenai penyesuaian diri,

Sari, Penerimaan Diri Pada Lanjut Usia Ditinjau dari Kemalangan Emosi, Jurnal Psikologi, 2002

Sugiono, Metode Penelitian Kuanti Kualitatif, (Bandung : Alfabeta, 2008)

Tanra, Persepsi Masyarakat Tentang Perempuan Bercadar, Jurnal Equilibrium FKIP Unismuh Makassar, Volume II No. 1 Januari 2016

Yesmil Anwar dan Adang, Sosiologi Untuk Universitas, (Bandung: PT Refika Aditama, 2003)

Vanya Rahisa, Repositori.usu,ac.id, Pola Komunikasi Mahasiswi Bercadar, (USU Medan: Skripsi 2018)

Http://ejournal.undip.ac.id/index.php/forum/article/download/2011/Cadar, Media, dan Identitas Perempuan Muslim.html diakses tanggal 22 Desember 2019 Pukul 21:00.

https://www.nu.or.id/post/read/90618/membedah-pemikiran-muhamad-abed-al-jabiri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.