TELA’AH HERMENEUTIKA KONSEP IBADH AL-RAHMAN

Muhammad Sakti Garwan

Abstract


Tulisan ini akan mendeskripsikan tentang konsep ibadh ar-Rahman pada Q.S al-Furqān sebagai salah satu surah dari segi maknanya mengandung esensi kesalehan secara individu maupun sosial. Surah tersebut juga diindikasi sebaga surah yang turun untuk menghibur nabi Muhammad SAW pada saat menerima hujatan dari para orang-orang kafir. Argumentasi itu kemudian membuat seorang intelektual asal Australia yakni Anthony H. Johns mengkaji dan mengungkap faktor penting dalam surah tersebut dalam artikelnya berjudul Reflection On The Dynamic And Spirituality Of Surah al-Furqān, yang dalam tulisan ini penulis fokuskan pada ayat 63-74 yang penulis tela’ah dengan menggunakan teori interpretasi makna (hermeneutika).  Tulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, data primer tentu diambil dari artikel dari Anthony H. Johns, sedangkan data sekunder didapat dari beberapa sumber yang terkait dengan tulisan ini. Dengan hasil peneltian bahwa Anthony H. Johns menggambarkan nilai-nilai spiritual atau dinamika spiritual sebagai bentuk kesalehan secara individu juga secara sosial dalam frame dari ayat 63-74 pada surah al-Furqan yang dirujuknya dari sumber tafsir pertama dari Muqatil bin Sulaiman.


Keywords


Anthony H. Jhons, Dinamika Spiritual, Q.S al-Furqan: 63-74

Full Text:

PDF

References


Al-Farmawi, Abd Hayy, (1994), Metode Tafsir Maudu’i, Terj. Suryan A. Jamrah, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Amru, Syihabuddin Abu, (1994), Al-Maqaayiisu fi al-Lughah: Li Abi al-Husain Ahmad bin Faaris bin Zakariyaa. Beirut (Libanon): Dar al-Fikr.

Atho, Nafisul dan Arif Fachruddin, (2002), Hermeneutika Transendental: Dari Konfigurasi FilososIfs Menuju Praksis Islam Studies, Yogyakarta: Ircisod.

Bleicher, Josef, (2003), Hermeneutika Kontemporer: Hermeneutika sebagai Metode, Filsafat, dan Kritik, Terj. Ahmad Norma Permata, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Faiz, Fahruddin, Hermeneutika Qurani: Antara Teks, konteks, dan Kontektualisasi, Yogyakarta: Qalam.

Hamka, (1982), Tafsir al-Azhar, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1982.

Johns, Anthony H, (2000), “Reflection On The Dyinamic And Spirituality Of Surah al-Furqan”, Literary Structures Of Religions Meaning In The Qur’an, ed., Issa J. Boulatta, Inggris, Gurzon Press.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, (2012), Al-Qur’an dan Terjemahnya, Kementrian Agama RI, Jakarta.

Mustaqim, Abdul, Dinamika Sejarah Alquran: Studi Aliran Kitab-Kitab Tafsir dari Periode Klasik, Pertengahan, Hingga Kontemporer, Yogyakarta, Adab Press, 2014.

ND, Mukti Fajar dan Yulianto Achmad, (2010), Dualisme Penelitian Hukum Normatif & Empiris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palmer, Richard E., (2003), Hemeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi, Terj. Masnur Hery dan Damanhuri Muhammad, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saenong, Ilham B., Hemeneutika Pembebasan: Metodologi Tafsir Al-Qur’an Menurut Hassan Hanafie, Jakarta: Teraju

Shihab, M. Qurasih, (2002), Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v5i2.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-TADABBUR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.